Contoh Soal Pengayaan (II) Bahasa Indonesia SMP Kelas IX - Seranai

Portal informasi Pendidikan, Wisata, Kuliner, Keluarga, dan Kesehatan

Breaking

Post Top Ad

29/03/14

Contoh Soal Pengayaan (II) Bahasa Indonesia SMP Kelas IX

Kali ini masih berbagi soal pengayaan untuk siswa SMP kelas IX, sama seperti postingan saya terdahulu tentang Contoh Soal Pengayaan Bahasa Indonesia SMP Kelas IX maka hanya sepuluh contoh soal saja yang saya tulisan namun bagi bapak/ibu yang ingin lebih lengkapnya silakan unduh saja di akhir tulisan ini tepatnya klik saja gambar bertulis download.

1. Di bangunan Taman Kupu kita dapat menikmati panorama kupu-kupu. Bangunan ini terletak di samping gedung Museum Serangga. Di sini pengunjung dapat melihat secara langsung berbagai jenis kupu-kupu. Bahkan, di sini juga ada penangkaran, tempat berlangsungnya metamorfosis kupu-kupu.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah .…
A. panorama kupu-kupu
B. bangunan Taman Kupu
C. berbagai jenis kupu-kupu
D. tempat metamorfosis kupu-kupu

Kunci Jawaban : B

2. (1) Sebuah bangkai pesawat ditemukan di Kepulauan Seribu, Jakarta. (2) Mesin buatan Amerika Serikat itu diduga diproduksi pada tahun1952. (3) Bangkai pesawat yang sudah berkarat dan dipenuhi karang itu berupa badan, sayap kanan, ekor, dan tiga roda. (4) Pesawat tersebut awalnya ditemukan dalam kondisi utuh.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Kunci Jawaban : A

3. Pemerintah akan menunggu turunnya harga minyak mentah dunia sampai Maret 2009. Keputusan menunggu ini dilakukan sebelum memutuskan harga premium dan solar yang dilepas sesuai harga pasar. Jika harga minyak pada saatnya tetap rendah, pemerintah segera melepas harga premium dan solar.
Kritikan terhadap isi paragraf tersebut adalah ...
A. Pemerintah hendaknya menunggu bulan Maret.
B. Pemerintah hendaknya segera melepas harga.
C. Pemerintah hendaknya tidak melepas premium dan solar.
D. Pemerintah hendaknya tidak terlalu lama dalam mengambil keputusan.

Kunci Jawaban: D

4. Bacalah dua teks dibawah ini dengan saksama!

Teks I
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara, baik roda dua maupun roda empat dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak menjelang tahun baru agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks II
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Kesamaan informasi kedua teks berita tersebut adalah ...
A. Imbauan Kasat Lalu Lintas agar wisatawan datang ke Puncak.
B. Imbauan Kasat Lalu Lintas tentang rencana penutupan jalur Puncak sore hari.
C. Imbauan Kasat Lalu Lintas kepada para pengendara roda dua dan roda empat.
D. Imbauan Kasat Lalu Lintas agar pengunjung Puncak tiba sebelum pukul 13.00.

Kunci Jawaban : D

5. Karya-karya Deddy Mizwar yang muncul dalam layar kaca selalu menjadi tontonan yang laris dipilih pemirsa. Seperti, Para Pencari Tuhan, sinetron yang ditayangkan salah satu televisi swasta menempati rating tertinggi. Film Naga Bonar Jadi Dua, juga telah menyedot animo masyarakat untuk menonton film tersebut di gedung bioskop.

Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ...
A. Karya-karya Deddy Mizwar muncul dalam layar kaca.
B. Para Pencari Tuhan menempati rating tertinggi.
C. Karya Deddy Mizwar selalu mendapat kritikan masyarakat.
D. Animo masyarakat untuk menonton film di gedung bioskop tidak banyak.

Kunci Jawaban: B

6. Siang itu, tepatnya Rabu 14 Januari 2009, Audrey ditegur  Pak Tanto karena lupa mengerjakan PR. Audrey sangat malu ditegur di depan teman sekelasnya. Ia beranji tidak akan lalai lagi.
Berdasarkan ilustrasi tersebut kalimat yang tepat untuk ditulis dalam buku harian adalah ...
A. Rabu, 14 Januari 2009, hari yang sangat memalukan. Tak disangka, Pak Tanto guru yang dikagumi  Audrey, menegur Audrey. Ia sangat kecewa pada Pak Tanto, guru matematika itu.
B. Rabu, 14 Januari 2009, hari yang tidak akan dilupakannya. Pak Tanto guru yang sangat dikagumi, menegur gara-gara Audrey lupa tidak mengerjakan PR.
C. Rabu, 14 Januari 2009, hari yang sangat berat bagi Audrey. Pak Tanto guru matematika itu, menegur gara-gara Audery lupa tidak mengerjakan PR.
D. Rabu, 14 Januari 2009, hari itu aku merasa sangat malu. Sedih sekali. Pak Tanto guru yang kukagumi, menegurku gara-gara aku lupa tidak mengerjakan PR. Aku janji tidak akan lupa lagi.

Kunci Jawaban: D

7. (1) Pemkot Depok telah menertibkan 700 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menggelar dagangannya di pinggir jalan. (2) Hal ini dinilai sebagai penyebab kemacetan. (3) Di samping itu, keberadaan PKL juga dianggap menimbulkan kesan semrawut. (4) Penertiban yang berlangsung tanggal 26 Desember itu disambut dengan senang oleh para pengguna jalan.

Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2) C. (1) dan (4)
B. (2) dan (3) D. (3) dan (4)

Kunci Jawaban : B

8. Tidur merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat. Orang yang tidur 8 jam per malam, bisa dipastikan lebih sehat dibandingkan orang yang sering bangun sepanjang malam. Tidur yang baik memulihkan sistem imun. Ketika tidur pulas di malam hari, kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.

Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...
A. Tidur yang cukup sebaiknya kurang dari 8 jam sehari.
B. Tidur yang cukup dapat meningkatkan imunitas diri.
C. Tidur dengan waktu cukup dan berkualitas dapat melindungi diri dari penyakit.
D. Tidur yang cukup adalah tidur yang tidak bangun-bangun sepanjang malam.

Kunci Jawaban : C

9. Bacalah kutipan tajuk berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 9 s.d. 12!
   Dampak krisis global tak ayal lagi menghantam pula perekonomian kita. Kegiatan industri menurun drastis, mengakibatkan munculnya ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran. Kita jelas tak bisa menganggap enteng ancaman tersebut. Untuk itu, pemerintah telah menyiapkan stimulus ekonomi agar industri bisa kembali bergerak.
  Persiapan yang kini dilakukan pemerintah itu memang sangat diperlukan. Meski agak terlambat, tetapi bukan berarti tidak diperlukan. Bahkan, stimulus inilah yang nantinya bakal ikut menentukan cepat lambatnya kita bisa bertahan dan keluar dari badai dampak krisis.
  Terkait dengan rencana pemberian stimulus tersebut, pihak industri kini sedang mendata secara detail. Kita tentunya berharap data dan rencana masing-masing industri disusun dan dibuat semaksimal mungkin. Fokusnya akan lebih jika tidak melulu kepada kepentingan industri dan pengusahanya, tetapi lebih kepada kepentingan tenaga kerja sehingga tujuan stimulus ekonomi yang salah satunya untuk menghindari (menekan) terjadinya PHK besar-besaran benar-benar tercapai.

Gagasan utama tajuk tersebut adalah ....
A. Perlunya pendataan industri secara maksimal dalam mendukung rencana pemberian stimulus ekonomi
B. Penekanan PHK melalui stimulus ekonomi selalu berhasil dengan gemilang.
C. Krisis global terhadap stimulus perekonomian berpengaruh pada PHK.
D. Perlunya stimulus ekonomi dalam dunia industri di dunia.

Kunci Jawaban : A

10. Letak kalimat fakta pada tajuk tersebut adalah ....
A. paragraf I kalimat IV
B. paragraf II kalimat I
C. paragraf II kalimat III
D. paragraf III kalimat III

Kunci Jawaban: A


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Setiap untaian kata yang tertulis, mencerminkan sebuah kepribadian. Bijaklah dalam Menulis.

Post Bottom Ad

Pages