Glosarium Bahasa Indonesia Online - Seranai

Portal informasi Pendidikan, Wisata, Kuliner, Keluarga, dan Kesehatan

Breaking

Post Top Ad

23/04/14

Glosarium Bahasa Indonesia Online

Pengertian Glosarium

Glosarium. Mungkin kata itu sedikit asing bagi anda. Glosarium sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia terdiri dari 2 pengertian :
  1. kamus dl bentuk yg ringkas
  2. daftar kata dng penjelasannya dl bidang tertentu
Sedangkan menurut wikipedia, Glosarium adalah suatu daftar alfabetis istilah dalam suatu ranah pengetahuan tertentu yang dilengkapi dengan definisi untuk istilah-istilah tersebut. Biasanya glosarium ada di bagian akhir suatu buku dan menyertakan istilah-istilah dalam buku tersebut yang baru diperkenalkan atau paling tidak, tak umum ditemukan. Glosarium dwibahasa adalah daftar istilah dalam satu bahasa yang didefinisikan dalam bahasa lain atau diberi sinonim (atau paling tidak sinonim terdekat) dalam bahasa lain.

Dalam pengertian yang lebih umum, suatu glosarium berisi penjelasan konsep-konsep yang relevan dengan bidang ilmu atau kegiatan tertentu. Dalam pengertian ini, glosarium terkait dengan ontologi. glorasium juga dapat dikatakan sebagai daftar bentuk abjad yang terangkum dalam sebuah buku makalah dll yang memiliki arti dan kadang daftarnya sesuai urutan abjad biasanya juga sering ditemukan di akhir halaman.Glosarium sangat membantu untuk menemukan arti dari kata-kata yang sulit.

Glosarium Bahasa Indonesia Online

Lalu sempat timbul pertanyaan dari penulis, kira-kira di Indonesia ada kamus Glosarium Bahasa Indonesia versi online tidak ya? Namun tidak perlu lama ternyata Glosarium Bahasa Indonesia Online sudah ada seperti halnya Kamus Bahasa Indonesia Online. Glosarium Bahasa Indonesia Online ini sendiri juga dibuat oleh Badan Bahasa Kemdikbud Indonesia. Berikut tampilan awal Glosarium Bahasa Indonesia Online yang bisa anda kunjungi di alamat ini http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/glosarium/


1 komentar:

Setiap untaian kata yang tertulis, mencerminkan sebuah kepribadian. Bijaklah dalam Menulis.

Post Bottom Ad

Pages