Mengenal Sistem Jaringan Komputer - Seranai

Portal informasi Pendidikan, Wisata, Kuliner, Keluarga, dan Kesehatan

Breaking

Post Top Ad

28/03/14

Mengenal Sistem Jaringan Komputer

Jaringan komputer (computer network) dapat diartikan sebagai sekelompok komputer yang dihubungkan menggunakan media tertentu sehingga antar komputer dapat saling berhubungan untuk berbagi data, informasi, program aplikasi, dan perangkat keras seperti printer, scanner, cd/dvd drive, ataupun hardisk.



Beberapa hal yang membuat kita memerlukan jaringan komputer antara lain :

  • File Sharing : Jaringan komputer dapat membuat user untuk saling berbagi file secara langsung. File atau folder tertentu dapat dishare di jaringan atau dilentakkan pada komputer server sehingga user di komputer lain dapat mengaksesnya tanpa mengalami kesulitan karena seolah-olah file/folder yang diakses berada di komputer sendiri.
  • Hardware Sharing : Jaringan komputer dapat membuat user untuk saling berbagi piranti-piranti dikomputernya dalam jaringan agar dapat digunakan user lain yang tidak memiliki piranti-piranti tambahan di komputernya sendiri, semisal printer.
  • Program Sharing : Dengan jaringan komputer aplikasi-aplikasi tertentu dapat dijalankan dari komputer lain yang terhubung denga jaringan.
  • Komunikasi : Jaringan komputer memungkin user untuk dapat berkomunikasi dengan berbagai media, seperti email, newsgroup dan konferensi video.
  • Perlindungan data dan informasi : Jaringan komputer mampu mengalirkan data-data komputer client dengan cepat dan diintegrasikan dalam komputer server. Selain itu mampu mendistribusikan informasi secara continue kepada pihak-pihak terkait yang membutuhkan.
  • Game jaringan : Meskipun terlihat mudah namun game jaringan merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntung di dunia.

Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer dapat dibedakan berdasarkan luas area yang dijangkau oleh jaringan itu sendiri. Secara umum jaringan komputer dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :
  • Local Area Network (LAN)
Local area network adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil. Daerah jangkauan LAN tidak terlalu jauh dengan radius 100 m sampai 2.000 m. Kecepatan jaringan ini relatif tinggi mulai 1, 10, 100 sampai 1000 Mbps.
  • Metropolitas Area Network (MAN)
Metropolitan area network adalah jaringan komputer memiliki area lebih besar dari LAN, biasanya antar wilayah dalam satu provinsi. 
  • Wide Area Network (WAN)
Jenis komputer ini merupakan gabungan dari kedua jenis jaringan di atas dan telah mengalami pengembangan infrastruktur jaringan sehingga jarak cakupannya semakin jauh yaitu dunia.

Komponen Jaringan Komputer

Salah satu faktor penting dalam pembuatan jaringan komputer adalah menggunakan perangkat atau hardware yang mendukung untuk membuat jaringan komputer. Perangkat yang harus disiapkan untuk membangun sistem jaringan adalah
  1. Kabel
  2. Enthernet Card
  3. Hub
  4. Switch
  5. Router
  6. Access Point

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Setiap untaian kata yang tertulis, mencerminkan sebuah kepribadian. Bijaklah dalam Menulis.

Post Bottom Ad

Pages